Resmikan Museum Kanjeng Sepuh, Bupati Gresik Minta DKG Turut Aktif Merawat Untuk Kemajuan Budaya

Dewan Kebudayaan Gresik

Dewan Kebudayaan Gresik

Facebook
WhatsApp
Telegram
LinkedIn

DKG | Gresik – Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, meresmikan Museum Kanjeng Sepuh di Area Alun-Alun Kecamatan Sidayu, Senin (5/2/2024).

Dalam arahannya, Gus Yani, begitu Bupati Yani kerap disapa, meminta kepada para pelaku kebudayaan dan Dewan Kebudayaan Gresik (DKG), turut aktif merawat museum untuk kemajuan kebudayaan Gresik. Khusnya di wilayah Sidayu. Karena wilayah tersebut juga, merupakan cikal bakal Kadipaten pertama di Gresik.

“Kami minta para pelaku kebudayaan atau DKG bisa turut menjaga dan memanfaatkan museum. Bisa digunakan kegiatan untuk mengenal kebudayaan kepada regenerasi mendatang,” ucap Bupati.

Mantan Ketua DPRD Gresik itu, juga menegaskan fungsi penting berdirinya Museum Kanjeng Sepuh. Bahwa sosok Kanjeng Sepuh merupakan tokoh yang patut mendapatkan apresiasi lantaran kharisma dan perjuangannya.

“Pendahulu kita, orang-orang tua kita jaman dahulu yang sudah punya nama besar patut kita apresiasi dan teladani perjuangannya. Sehingga generasi penerus kita tidak lupa akan sejarah dan terus mengingat bahwa dulu ada sosok pemimpin yang perjuangannya dimulai sejak usia muda, yaitu Mbah Kanjeng Sepuh,” paparnya.

Baca juga:  25 Seniman Gresik Terima Penghargaan Apresiasi dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa

Di sisi lain, lanjut Bupati, Museum yang berdiri di bekas Gedung Kawedanan Sidayu ini, digadang-gadang sebagai salah satu jujugan wisata edukasi bagi masyarakat.

“Tentu harapan kedepan akan ada sinergi dari Dinas Pendidikan dengan pihak yayasan Museum Kanjeng Sepuh. Sehingga museum ini bisa memberikan manfaat berupa wawasan dan ilmu pengetahuan bagi anak-anak kita,” harapnya.

Gus Yani juga menjelaskan, tentang benda pusaka yang disimpan di Museum Kanjeng Sepuh. Bahwa semua benda peninggalan Kanjeng Sepuh tersebut valid keasliannya. Ini lantaran sebelumnya telah dilakukan pengujian oleh para ahli tentang keaslian benda-benda tersebut.

Baca juga:  Dewan Kebudayaan Gresik bersama DCI serta Lumix dan Komunitas Gresik

Sekretaris DKG M Lutfi merespon baik usulan Bupati bersinergi dengan para seniman dan budayawan di Gresik.

“Saya sangat setuju jika setelah diresmikan Museum Kanjeng Sepuh ini teman teman seniman dan budayawan dilibatkan dalam pengelolaannya. Setidaknya itu akan menghidupkan museum. Bisa juga digunakan sebagai ruang beraktifitas kesenian atau pusat kebudayaan,” ungkapnya.

“Mari saling sinergi dan kolaborasi,” imbuhnya.

Diketahui, selain meresmikan Museum Kanjeng Sepuh, orang nomor satu di lingkungan Pemkab Gresik itu, juga meresmikan pasar rakyat Sidayu. Yang sebelumnya mengalami insiden kebakaran pada awal tahun 2022 silam. (Humas DKG )

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat meresmikan Museum Kanjeng Sepuh (Foto : Humas DKG)

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]
Facebook
WhatsApp
Telegram
LinkedIn
Komentar Terbaru

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    🔔 TERKINI

    🔔 INSTAGRAM DKG

    🔔 FACEBOOK DKG

    Arsip
    Kategori

    Dewan Kebudayaan Gresik

    Piye Kabare Dulur ..................